Gara-gara Gelar Acara Ini, Prabowo Tak Akan Hadiri Upacara HUT RI di Istana Negara

geotimes.co.id

Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra akan menggelar upacara peringatan Ulang Tahun ke-74 RI pada 17 Agustus mendatang di kantor pusat Gerindra. Lalu apakah beliau tak akan hadir di istana negara? Begini jawaban dari Dahnil Anzar.

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan Prabowo akan menjalani rangkaian peringatan proklamasi kemerdekaan RI itu bersama para kader partai.

“Bapak gelar upacara di DPP Gerindra,” kata Dahnil saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (14/8).

Politikus Partai Gerindra, Andre Rosiade menyebut Prabowo tak akan menghadiri upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo. Andre menyatakan hingga saat ini Prabowo ingin menggelar upacara di kantor DPP. Kata dia, belum ada jadwal mantan Komandan Jenderal Kopassus itu mengikuti upacara di Istana Negara.

“Bapak mau mengadakan upacara sendiri di DPP Gerindra,” kata dia.

Upacara peringatan kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti mengundang seluruh petinggi, kader, hingga dewan penasihat Partai Gerindra. “Jadi, itu dihadiri oleh kader dan pengurus Gerindra,” kata Andre.

Sebelumnya diketahui bahwa Acara 17 Agustus merupakan agenda tahunan yang digelar secara rutin. Biasanya panitia penyelenggara harus mempersiapkan susunan acara dengan matang.

tirto.id

Di bulan Agustus warga negara Indonesia akan disibukkan dengan acara peringatan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus. Dalam tradisi, ada banyak sekali acara rutin yang biasa digelar, di antaranya adalah upacara bendera serta aneka lomba untuk memeriahkan HUT RI.

Acara tersebut dilaksanakan oleh semua kalangan, dari pemerintah pusat, hingga masyarakat di sekolah, tingkat RT, karang taruna, bahkan di kantor. Nah, seperti apa pedoman susunan acaranya? Berikut ini dirangkum dari berbagai sumber seperti dilansir dari detik.com:

Instagram (@yogaumaks)

1. Susunan Acara Pemerintah Pusat

Melalui situs Kementerian Sekretariat Negara, pemerintah pusat mempublikasikan pedoman peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik lndonesia (Rl) tahun 2019.

Image result for bendera merah putih
Fimela.com

Dimulai dengan pidato Presiden Joko Widodo, pada Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPD dan DPR, dan rapat paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019-2020. Pidato dalam rangka penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2019 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya, pada Jumat (16/08/2019). Dilanjut dengan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci, pada pukul 24.00 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata pada hari yang sama.

Image result for bendera merah putih di istana negara
Kompas.com

Pada tanggal 17 Agustus 2019 acara dimulai dengan Pertunjukan Marching Band, Tarian Kolosal, Kesenian, dan Prosesi Arak-Arakan Penambilan Bendera Pusaka, di halaman Istana Merdeka dan Monas, pada pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. Kemudian dilanjut dengan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Setelah selesai upacara pengibaran bendera, jajaran pemerintah melanjutkan dengan santap siang kenegaraan dalam rangka Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 di Istana Negara.

Menjelang upacara penurunan Bendera Sang Merah Putih, dan Prosesi Arak-Arakan Pengembalian Bendera Pusaka, diadakan pertunjukan marching band, tarian kolosal, dan kesenian pada pukul 15.00 WIB. Berikut ini pengibaran bendera merah putih di Istana Negara tahun lalu:

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *