Ini Sederet Pemain yang Berhasil Dibeli Arsenal, Siapakah yang Terbaik?

(idntimes.com)

Arsenal tampaknya telah berhasil membuat penggemarnya puas lewat berbagai manuver mengejutkan pada bursa transfer musim panas 2019. Mengejutkan merupakan ekspresi yang bisa menggambarkan bagaimana pergerakan Arsenal sepanjang bursa transfer musim panas ini.

Arsenal berhasil mencuri perhatian di bursa transfer musim panas 2019/20. Bagaimana tidak? Sempat diberitakan hanya memiliki uang 45 juta poundsterling, Arsenal merekrut enam pemain dengan total biaya lebih dari 140 juta poundsterling.

(kumparan.com)

Enam pemain yang diakuisisi Arsenal adalah Dani Ceballos, Gabriel Martinelli, William Saliba, Nicolas Pepe, Kieran Tierney, dan David Luiz. Ceballos datang dengan status pinjaman. Sementara, Saliba dipinjamkan kembali ke klub lamanya, Saint-Etienne, dan baru akan bergabung ke Arsenal di musim 2019/20.

Pelatih Arsenal, Unai Emery.
(bolasport.com)

Dari enam nama tersebut, barangkali hanya Saliba dan Martinelli saja yang namanya tidak populer. Pepe merupakan topskorer kedua Ligue 1 2018/19, Ceballos adalah pemain Real Madrid yang cemerlang di Piala Eropa U-21 2019 bersama TImnas Spanyol, Tierney tiga kali memenangi gelar Pemain Muda Terbaik Skotlandia, dan Luiz pernah menjadi kepingan penting dua tim besar di Eropa, Chelsea dan Paris Saint-Germain (PSG).

Namun, reputasi saja tak cukup untuk menyatakan bahwa mereka adalah pembelian yang sempurna dari Arsenal. Kemampuan dan kecocokan dengan permainan Unai Emery, selaku pelatih Arsenal, tentu lebih penting dari nama besar. Oleh karena itu, kumparanBOLA mencoba untuk menilik dan menilai enam pembelian Arsenal itu, satu per satu.

Nicolas Pepe

Hasil gambar untuk Nicolas Pepe
(skysports.com)

Singkatnya, Pepe adalah pemain yang mampu menjadi pembeda dalam satu pertandingan. Nah, Arsenal tak memiliki pemain seperti itu lagi setelah Alexis Sanchez hengkang.

Lebih dari itu, usia Pepe saat ini baru menginjak 24 tahun. Pemuda kidal itu tentunya masih memiliki ruang yang banyak untuk berkembang.

Pepe mungkin masih butuh adaptasi terhadap beberapa hal, mulai dari kultur dan cuaca di Inggris, hingga permainan Emery. Namun, kami meyakini ia akan menjadi sebuah kesuksesan di Arsenal.

Kieran Tierney

Hasil gambar untuk Kieran Tierney
(thesun.co.uk)

Seperti Pepe, Tierney adalah pemain yang benar-benar dibutuhkan oleh Arsenal. Pemuda asal Skotlandia ini adalah bek kiri yang mampu melakukan tugas defensif dan ofensif dengan sama baiknya. Catatan rata-rata 1,1 dribel, 5,5 operan kunci, dan 3,3 tekel per pertandingan di Liga Skotlandia 2018/19 menjadi buktinya. Oh, ya, Tierney juga mampu menyumbangkan lima assist.

Tierney jelas merupakan upgrade dari Kolasinac, yang tak kompeten ketika bertahan. Ditambah lagi, usia Tierney baru 22 tahun. Dari situ, pemuda kelahiran Isle of Man itu bisa menjadi bek kiri Arsenal untuk waktu yang lama.
Jangan lupa juga bahwa Tierney didatangkan dengan biaya ‘hanya’ 25 juta poundsterling. Untuk pasar pemain saat ini, harga Tierney itu terbilang murah.

Dani Ceballos

Hasil gambar untuk Dani Ceballos
(bola.net)

Bagi Arsenal, Ceballos bisa menjadi The Next Santi Cazorla. Kemampuan Cazorla dan Ceballos memang sedikit banyak serupa. Keduanya merupakan gelandang yang tahan akan tekanan dan mampu menjadi jembatan antara lini tengah dan depan, baik melalui dribel atau operan jarak jauh.

Satu hal lagi, Ceballos juga serbaguna. Dalam skema 4-2-3-1 yang kerap kali digunakan Emery, ia bisa bermain di tengah dua penyerang sayap, atau sebagai salah satu dari dua poros di depan pemain bertahan.

Gamblangnya, Ceballos mampu memberikan opsi plus variasi kepada permainan Arsenal. Ia bisa mengisi beberapa posisi, sekaligus menambahkan sesuatu yang tidak dimiliki Arsenal ketika Cazorla hengkang Oleh karena itu, meskipun Ceballos mungkin tak akan bertahan lebih dari semusim, ia tetap menjadi rekrutan yang cerdas dari Arsenal.

Gabriel Martinelli

Hasil gambar untuk Gabriel Martinelli
(tirto.id)

Martinelli jelas merupakan pemain yang namanya paling asing di telinga. Namun, bukan berarti kemampuannya bisa diremehkan.
Didatangkan dari klub asal Brasil bernama Ituano dengan mahar sekitar 6 juta poundsterling, Martinelli mampu memberikan impresi yang bagus ketika pramusim. Penyerang yang juga mahir bermain di sayap ini mencetak gol dalam laga debutnya melawan Colorado Rapids (16/7). Selain itu, Martinelli juga beberapa kali sanggup memamerkan kemampuan dribelnya yang oke.

Meskipun begitu, besar kemungkinan bahwa Martinelli akan melakoni sebagian besar 2019/20 bersama tim cadangan (reserve). Usianya masih 18 tahun, dan ia harus beradaptasi terlebih dahulu, mengingat ia datang jauh dari Brasil.

Namun, tak bisa dimungkiri juga bahwa Martinelli memiliki talenta dan potensi untuk dapat sukses di Arsenal. Dengan harga yang murah, Martinelli bisa menunjukkan bahwa kemampuan Arsenal untuk mendapatkan pemain dengan reputasi biasa saja, tetapi bertalenta tinggi, masih ada.

William Saliba

Hasil gambar untuk William Saliba
(bolabob.com)

Seperti Martinelli, Saliba adalah rekrutan untuk masa depan. Fakta bahwa ia langsung dipinjamkan kembali ke Saint-Etienne menjadi bukti yang paling sahih.

Kendati begitu, Saliba memiliki peluang untuk langsung diintegrasikan ke tim utama ketika ia akhirnya bergabung ke Arsenal pada 2020/21. Di musim 2018/19 lalu, Saliba sudah mampu mengemas total 15 penampilan di Ligue 1 bersama Saint- Etienne. Itu sudah cukup untuk menjadi bukti bahwa mentalitas dan kemampuannya sudah melampaui usianya.

Hasil gambar untuk William Saliba
(tribunnews.com)

Yang menarik, harga untuk mendatangkan Saliba terbilang tinggi—mencapai 28 juta poundsterling. Di satu sisi, mahalnya harga Saliba itu menjadi bukti dari kepercayaan manajemen Arsenal terhadap potensinya. Jika manajemen Arsenal berpikir seperti itu, masak kita memiliki pemikiran yang berbeda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *