Sebelum #PropagandaRusia, Inilah Tagar Viral Kampanye Pilpres 2019

Calon Presiden Jokowi dan Prabowo (Foto: Instagram.com/andhi_wira_)

Pesta politik kampanye pemilihan presiden 2019 kali ini sangat “panas”. Keramaiannya sudah dirasakan dari sebelum kampanye pemilihan presiden dimulai. Tidak hanya di dunia nyata, tetapi euforia ini juga dirasakan di dunia maya. Rasanya media sosial seperti menjadi tempat pertemuan semua orang untuk membahas pertarungan politik ini. Di twitter salah satunya, banyak bermunculan hashtag atau tagar viral yang ditujukan untuk mendukung kedua belah pihak calon presiden Indonesia. Beberapa diantaranya muncul karena antusiasme masyarakat, beberapa lainnya muncul dari respon masyarakat setelah melihat aksi para Capres. Ini dia beberapa hashtag yang pernah viral:

 

  1. #4TahunJokowi

Hastag atau tagar viral ini muncul menjelang pemilihan presiden 2019. Tagar ini didedikasikan masyarakat kepada Bapak Joko Widodo yang sudah memimpin Indonesia selama empat tahun kebelakang. Hastag ini dimulai saat Jokowi memposting sebuah foto di akun instagramnya pada hari Sabtu tanggal 10 November 2018.

Dalam instagramnya ia menulis “Melihat kembali foto ini: saya di ruang kerja Gubernur DKI Jakarta, beberapa hari sebelum 20 Oktober 2014. Hanya buku-buku ini yang saya kemas dalam kardus-kardus dari ruang kerja, juga sedikit barang pribadi dari kamar yang lalu diangkut ke kediaman sementara dengan mobil pinjaman dari Pemda DKI. Ternyata, sudah empat tahun yang lalu, ketika saya menyebrangi Lapangan Monumen Nasional dari kantor Gubernur di Jalan Merdeka Selatan ke Istana Kepresidenan di Jalan Medan Merdeka Utara. Dan taka da waktu untuk berleha-leha. Indonesia di akhir tahun 2014 tengah menghadapi tantangan yang tidak ringan dari dalam negeri, di tingkat regional, maupun dunia.”

Melihat postingan tersebut, netizen langsung membanjiri media sosial. Bahkan di twitter tagar #4TahunJokowi menjadi trending nomor satu sejak pagi hingga siang. Terjacatat lebih dari 7.500 cuitan yang menggunakan tagar tersebut. Tagar ini mewakili komentar pujian atau pun kritikan yang diberikan kepada Jokowi selama masa kepemimpinannya.

 

  1. #Jokowi2Periode

Tagar #Jokowi2Periode ramai diciutkan sejak tanggal 25 Juli 2018 di twitter. Tercatat sekitar 94 ribu pengguna akun di twitter yang menggunakan tagar ini. Ramai pendukung kubu Jokowi sudah terlihat dari sebelum kampanye pemilihan presiden 2019. Selama empat tahun Jokowi menjabat sebagai pemimpin negara, banyak yang merasa telah terjadi perubahan positif di Indonesia. Inilah yang membuat tagar Jokowi2Periode muncul di akun media sosial.

 

  1. #2019gantipresiden

Jika di kubu Jokowi banyak dukungan dengan #Jokowi2Periode, maka di kubu Prabowo diperlihatkan dengan dukungan #2019gantipresiden. Tercetat sebanyak 74 ribu pengguna twitter yang menggunakan tagar ini dalam menyuarakan dukungan mereka. Keberadaan tagar viral ini juga dimulai sejak tanggal 25 Juli 2018 di twitter. Bisa dibayangkan nih betapa ramainya persaingan kedua buah kubu menyambut kampanye pemilihan presiden 2019 di media sosial.

Tidak hanya itu, yang menarik dari dari tagar ini adalah bermunculannya mim dan video lucu yang menggunakan #2019gantipresiden.

Akun @prabowopresiden_2019 menggunakan #2019gantipresiden dengan komentar yang ditulisnya “Bismillah… Yakin, Indonesia Menang!!

Dibalik bentuk dukungan kepada Prabowo, tagar ini banyak digunakan oleh masyarakat yang sentiment terhadap kinerja Jokowi selama kepemimpinannya.

 

  1. #PrabowoSandiIndonesiaJaya

Tagar ini menjadi trending di media sosial twitter dari reaksi masyarakat pendukung Prabowo yang menilai kubu lain banyak menggunakan informasi atau berita palsu. Menanggapi kejadian tersebut, #PrabowoSandiIndonesiaJaya menjadi viral sebagai kritikan kepada kubu lain sekaligus pujian untuk Prabowo.

 

Terlepas dari itu semua, hastag atau tagar viral yang bermunculan menunjukkan banyak nya masyarakat Indonesia yang menyambut dan menikmati proses kampanye pilpres 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *