Semakin Memanas, PSI: Formula E Hanya Siasat Anies Tutupi Masalah Polusi Udara!

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muhammad Guntur Romli kembali mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kali ini PSI mengkritik pedas Anies soal formula e hanya sebagai siasat Anies untuk menutupi masalah mengenai polusi udara, begini katanya.

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muhammad Guntur Romli menyoroti rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengajukan Jakarta sebagai tuan rumah balap mobil Formula E pada 2020. Romli menilai Anies hanya sedang pencitraan.

Hasil gambar untuk anies formula e
medan.tribunnews.com

Romli mengatakan Anies telah berbohong dengan melempar wacana gelaran Formula E di Jakarta padahal polusi udara buruk.

“Kok mau dibohongi @aniesbaswedan pake balapan Formula E yang diklaim mobil listrik ramah lingkungan sementara Jakarta ini darurat polusi, masuk dalam daftar kota dengan udara terburuk di dunia,” cuit Guntur Romli di Twitter, Rabu (14/8/2019).

Bahkan Romli menilai Anies sedang melakukan pencitraan untuk menutupi permasalahan polusi udara yang buruk.

“Formula E itu program pencitraan internasional untuk menutupi darurat polusi di Jakarta,” katanya.

Diketahui, Formula E adalah ajang balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1 (F1). Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi, dan diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

Anies mengaku sudah bertemu dengan pimpinan tertinggi dari pihak formula untuk membicarakan ketertarikkannya memboyong Formula E ke Jakarta, namun dia belum bisa memastikan kapan balapan itu akan digelar.

Mantan Mendikbud itu juga sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk berdiskusi mengenai rencana Pemprov DKI.

Hasil gambar untuk anies formula e jokowi
news.detik.com

DPRD DKI juga sudah menyetujui anggaran sebesar Rp 360 miliar atau setara dengan 20,79 juta poundsterling.

Anggaran itu disetujui dalam pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) untuk rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 pada Selasa (13/8/2019) sore.

Hasil gambar untuk anies formula e jokowi
metro.tempo.co

Anggaran tersebut lebih banyak dari yang diajukan Pemprov DKI. Pengajuan sebelumnya sebesar Rp 345,9 miliar dengan menggunakan kurs dollar AS, yaitu 24,1 juta dollar atau 20 juta poundsterling.

Dilansir dari Kompas.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, turnamen balap mobil listrik Formula E di Jakarta akan diselenggarakan pada 2020. Namun, dia belum mau merinci kepastian waktu penyelenggaraannya.

Hasil gambar untuk anies formula e jokowi
viva.co.id

“Insya Allah jadi (pada 2020), tapi waktunya, persisnya, saya hanya bisa umumkan ketika bersama dengan pihak FE-nya,” ujar Anies di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Adapun kalender balap Formula E musim 2019-2020 sudah diumumkan dan hanya menyisakan satu slot kosong pada 14 Desember 2019. Oleh karena itu, kans Jakarta menjadi tuan rumah balapan Formula E paling memungkinkan adalah untuk musim 2020-2021.

Sebelumnya Anies menemui Presiden Jokowi di Istana Negara untuk membahas masalah Formula E, berikut penjelasan lengkap dari Anies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *