Berniat Batasi Usia Mobil Pribadi hanya 10 Tahun, Anies Ajak JK Berdiskusi

(tempo.co)

Anies terus didesak untuk memberikan solusi nyata mengatasi polusi di Jakarta yang semakin menjadi-jadi. Salah satu yang Anies tengah gencarkan adalah peremajaan kendaraan dengan melarang mobil pribadi di atas 10 tahun untuk berkendara. Untuk itu Anies pun mencoba berdiskusi dengan Wakil Presiden JK.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019). Dalam pertemuan itu, keduanya membahas soal wacana pelarangan penggunaan kendaraan di atas 10 tahun.

Image result for anies peremajaan kendaraan
liputan6.com

Anies tiba di Istana Wapres RI pada pukul 11.00 WIB dan langsung melakukan pertemuan tertutup bersama JK. Setelahnya, Anies dan JK menunaikan salat Jumat bersama di Masjid Baiturrahman, Kompleks Istana Wapres RI.

Taktik Usang Anies Tangani Polusi Udara Ibu Kota

Kemudian Anies menjelaskan bahwa dalam pertemuan tertutup itu dirinya menyampaikan perkembangan terakhir terkait pekerjaan yang dilakukannya agar masyarakat mau beralih ke transportasi umum dari kendaraan pribadi.

“Tadi saya sampaikan bahwa tahun 2019 ini semua kendaraan yang umum yang tua sudah tahun terakhir. Tahun depan sudah mulai kendaraan baru semua. Jadi lebih ke perkembangan-perkembangan itu,” kata Anies usai melaksanakan salat jumat.

Peremajaan penggunaan kendaraan itu diwacanakan Anies mulai berlaku pada 2020. Nantinya, kendaraan pribadi 10 tahun ke bawah atau di bawah minimal keluaran tahun 2010 akan dilarang digunakan di Jakarta.

Image result for anies bertemu jk
merdeka.com

“Ya, jadi seluruh kendaraan yang di atas usia 10 tahun, hanya sampai tahun ini. Tahun 2020 semua kendaraan harus berusia di bawah 10 tahun,” ujarnya.

Menurut Anies wacana itu sudah mulai dipraktekkan pada saat ini, yakni penggunaan angkutan transportasi umum.

Menurutnya peremajaan itu akan berdampak baik bagi pengalihan penggunaan kendaraan dari yang awalnya menggunakan kendaraan pribadi menjadi ke kendaraan umum.

“Dalam dua tahun ini 2018-2019 peningkatannyaa itu antara 100-120 juta penumpang dan ini adalah sebuah transformasi yang masif karena melibatkan tadi ratusan juta orang,” tuturnya.

Image result for anies peremajaan kendaraan
tribunnews.com

“Jadi perubahan itu diakui juga di dunia dan saya jelaskan juga ke Pak Wapres, nanti insya Allah dengan makin terintegrasi, makin luas jangkauannya insya Allah kita menjangkau sampai 95 persen wilayah Jakarta,” Anies menambahkan.

Selain untuk membuat masyarakat beralih menggunakan kendaraan umum, langkah ini juga dipilih Anies sebagai solusi polusi udara di Jakarta. Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara guna merespons kualitas udara Jakarta yang kian memburuk.

Image result for ahok
suara.com

Namun banyak kalangan menilai, isi dari instruksi tersebut adalah hal usang pengulangan dari yang sudah-sudah.

Di era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah ada Perda Nomor 5 tahun 2014 tentang Transportasi. Pada Pasal 51 ayat (1) hingga (4), Perda itu mengatur bahwa tak boleh ada kendaraan umum yang berusia lebih dari 10 tahun melintas di jalanan Jakarta. Ahok memberi toleransi selama 1,5 tahun bagi operator untuk melakukan peremajaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *