Belum Ada Jagoan untuk Maju Jadi Pimpinan MPR, Ini Alasan Zulkifli Hasan

detik.com

Terkait panasnya perebutan kursi pertama untuk menjadi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 2019-2014,  Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku belum memutuskan dan menyodorkan nama untuk masuk dalam pemilihan MPR 2019-2024

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan bahwa pemilihan pimpinan MPR masih lama.

“Nanti. Itu (pemilihan ketua MPR, red) masih jauh,” kata Zulkifli di gedung parlemen, Jakarta, Senin (29/7).

Image result for zulkifli hasan
tirto.id

Ketua MPR itu menegaskan bahwa PAN akan mengikuti yang terbaik. Untuk pemilihan pimpinan MPR, Zulkifli menginginkan terjadi musyawarah untuk mufakat.

“Kalau yang bagus kami ikut, tidak ada menang-menangan karena semua kan musyawarah mufakat,” ujarnya.

suara.com

Disinggung soal kapan PAN akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) untuk menentukan sikap politiknya terhadap pemerintahan mendatang, Zulkifli belum bisa menyebutkan tanggal pasti. Yang pasti, kata dia, rakernas merupakan agenda tahunan PAN.

“Rakernas itu agenda partai ya, tahun ini. Tidak ada tanggalnya, tetapi tahun ini,” ujar politikus yang akrab disapa dengan panggilan Zulhas itu.

Menteri kehutanan di era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II itu menambahkan, dirinya akan berangkat melaksanakan ibadah haji pada 4 Agustus mendatang. “Pulang (dari haji) itulah saya kira baru (Rakernas PAN) diagendakan,” jelas Zulkifli.

kompas.com

Tak hanya PAN, Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding mengatakan partai koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf yang lolos ke parlemen hanya akan mengajukan satu paket dalam proses pemilihan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Kader Gerindra, PAN, dan Demokrat, berpeluang dimasukkan dalam paket tersebut. Namun, sampai saat ini belum ada pembicaraan tentang nama-nama yang diajukan menjadi pimpinan MPR.

“Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bakal satu paket nanti dalam pemilihan ketua MPR,” ujarnya di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Karding mengatakan nama yang disepakati menjadi ketua MPR juga belum dibahas oleh KIK secara resmi. Semua partai mempunyai peluang sama, termasuk PKB, untuk menduduki kursi ketua MPR.

Image result for Abdul Kadir Karding
tagar.id

“Semua punya peluang, tetapi kita belum ada pembicaraaan soal nama ketua. Komunikasi di KIK terus kita lakukan dan kita solid sampai saat ini,” tegasnya.

Selain itu, kata Karding, terbuka peluang partai non-koalisi masuk dalam paket KIK dalam pemilihan ketua MPR.

“Mungkin Gerindra, PAN, dan Demokrat, masuk dalam paket kita, tetapi saya belum tahu pasti karena proses komunikasi masih terus berlangsung,” katanya.

Sementara hari ini, Ustaz Adi Hidayat bersama delegasi dari Sudan menyambangi Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/7/2019) siang. Mereka diterima langsung oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Bertemu di MPR, Zulhas - Ustaz Adi Bahas Pertukaran Pelajar ke Sudan
suara.com

Zulkifli Hasan mengatakan pertemuan antara dirinya dengan Ustaz Adi di MPR tersebut ialah untuk membahas terkait pertukaran pelajar. Program pertukaran pelajar tersebut akan diteken melalui MoU bersama dengan Sudan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *