Sudah Jarang Tampil di Panggung Politik, Ada Apa dengan Luhut Binsar Panjaitan?

Luhut Binsar Panjaitan seperti menghilang dari hingar bingar dunia perpolitikan. Padahal sebelum-belumnya, ia seperti tak pernah ketinggalan ikut dan ambil peran. Sampai ia dijuluki menteri serba bisa. Ternyata Luhut punya alasan tersendiri mengapa dirinya tak banyak muncul belakangan ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan punya alasan jarang muncul di panggung politik, terutama yang melibatkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi akhir-akhir ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan seusai menggelar rapat bersama sejumlah stakeholder di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis petang, 25 Juli 2019. TEMPO/Francisca Christy Rosana

Misalnya ketika pertemuan Jokowi dengan rivalnya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto di stasiun MRT Lebak Lubus. Saat itu, suami Iriana didampingi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Luhut sendiri mengaku tidak hadir saat pertemuan Jokowi dengan Prabowo di Stasiun MRT Lebak Bulus pada Sabtu (13/7/2019) lantaran sebagai tokoh yang turut menjembatani pertemuan antara keduanya itu tak mesti harus tampil di publik. Sebab, kata dia, pertemuan antara Jokowi dengan Prabowo itu terwujud atas kerja sama tim.

Related image
gatra.com

“Memang kepentingan saya hadir apa? Sudah bagus yang dibuat itu. Saya kira itu kan kerjaan tim, bukan kerjaan satu orang. Kenapa mesti tampil-tampil,” kata Luhut di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (16/7/2019).

Image result for luhut binsar panjaitan
detik.com

Jenderal (Purn) Polri yang beken disapa dengan inisial BG itu bahkan disebut punya peran penting dalam menjembatani pertemuan dua tokoh penting tersebut. BG juga hadir di pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo.

Ternyata, Luhut berdalih absennya dia di panggung politik akhir-akhir ini lantaran ada urusan lain. “Enggak lah. Enggak juga. Kan ngurusin ekonomi lebih bagus,” jawab Luhut di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/7).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menunjuk Luhut untuk mengatur pertemuannya dengan Prabowo. Luhut dikenal sangat dekat dengan Prabowo yang merupakan juniornya saat di Kopassus.

Belakangan, justru sosok yang sering terlihat adalah kepala BIN, Budi Gunawan.

Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (Suara.com/Yasir).
suara.com

Merespons kehadiran BG yang tampak lebih sering di kegiatan Jokowi, justru dipuji oleh Luhut. Dia juga mengaku tidak mempermasalahkan hal itu.

Image result for budi gunawan bin
kompas.com

Saat pertemuan Jokowi dan Prabowo, misalnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung bercerita tentang peran Budi. Begitu pula saat Prabowo datang ke rumah Megawati. Mantan wakil Kapolri itu ikut hadir dan duduk satu meja dengan keduanya.

“Ya memang beliau lebih anu, kan bagus. Enggak masalah,” tandas veteran yang pernah mengepalai Kantor Staf Presiden atau KSP.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *