Peringatan! Ulama Aceh Telah Keluarkan Fatwa Haram Main Game PUBG, Auto Uninstall?

tribunnews.com

Baru-baru ini Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh telah mengeluarkan fatwa mengenai hukum dan dampak dari game Player Unknown’s Battle Grounds (PUBG) dan sejenisnya, menurut fiqh Islam, informasi teknologi, dan psikologi, Rabu (19/6)

Dan hasilnya, ulama pun mengharamkan gim tersebut. Fatwa ini pun telah disetujui 47 ulama anggota MPU.

Ulama Aceh Keluarkan Fatwa Haram Main Game PUBG dan Sejenisnya
detik.com

Sebelumnya, lewat sidang paripurna, para ulama Aceh itu membahas secara komprehensif tentang game PUBG yang sangat digandrungi remaja dunia, termasuk di Aceh saat ini. Pembahasan itu berlangsung sejak 17-19 Juni 2019 di aula aedung MPU Aceh, Banda Aceh.

“Menimbang, mengingat, dan memperhatikan, dengan bertawakkal kepada Allah dan persetujuan sidang paripurna, MPU Aceh akhirnya memutuskan bahwa hukum bermain game PUBG dan sejenisnya adalah haram,” demikian disampaikan MPU Aceh.

Peringatan! Game PUBG Kini Haram, Berikut Alasan Majelis Permusyawaratan Ulama
tribunnews.com

Pengharaman tersebut dikarenakan game itu mengandung unsur kekerasan dan kebrutalan serta berpotensi memengaruhiperubahan perilaku penggunanya menjadi negatif.

Tak hanya itu, PUBG dan sejenisnya juga dinilai berpotensi menimbulkan perilaku agresif dan kecanduan pada level berbahaya. Parahnya lagi, game yang dimainkan secara ‘live’ itu mengandung unsur penghinaan terhadap simbol-simbol Islam.

Sah! MPU Aceh Tetapkan Permainan PUBG dan Sejenisnya Haram
tribunnews.com

Demikian disampaikan Ketua MPU Aceh, Muslim Ibrahim kepada Serambinews.com, Rabu (19/6/2019) seusai penutupan paripurna, mengacu pada fatwa yang sudah disahkan.

“Kami sudah melakukan kajian mendalam menurut fiqh Islam, informasi teknologi, dan psikologi. Semua sepakat bahwa game ini dapat bermuara pada kriminalitas, krisis moral dan psikologi, dan sangat meresahkan maayarakat. Jadi MPU Aceh menetapkan game PUBG dan sejenisnya haram,” kata Muslim Ibrahim.

Selain itu, hal yang sama disampaikan oleh Teungku Faisal Ali selaku Wakil Ketua MPU Aceh.

“Setelah kita menggelar sidang selama dua hari, hasilnya game PUBG dan yang sejenisnya hukum bermainnya haram,” kata Wakil Ketua MPU Aceh, Teungku Faisal Ali, saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (19/6/2019).

Sebelum mengeluarkan fatwa, MPU Aceh menggelar sidang paripurna ulama III tahun 2019 dengan tema ‘Hukum & Dampak Game PUBG (Player Unknown’s Battle Grounds) dan sejenisnya menurut fiqih Islam, Informasi Teknologi dan Psikologi’. Sidang digelar di Aula Tgk H Abdullah Ujong Rimba Sekretariat MPU Aceh sejak 17-19 Juni 2019.

Menurut Faisal, ulama Aceh memutuskan mengharamkan bermain game PUBG karena sejumlah alasan. Salah satu alasan yang disebutkan yaitu dapat membangkitkan semangat kebrutalan anak-anak dan orang yang bermain game tersebut.

Hasil gambar untuk pubg haram
tribunnews.com

Selain itu Faisal menyebut permainan itu dapat melahirkan perilaku yang tidak baik. Dia juga menyebutkan 47 anggota MPU sepakat akan hasil sidang.

“Itulah makanya setelah dua hari dikaji dan mendatangkan para ahli, kita simpulkan bahwa bermain game itu adalah haram,” kata Faisal.

“Mereka (47 anggota MPU) sepakat hukum bermain PUBG haram,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *